Kisah Sultan Ageng Tirtayasa


 Halo kawan,apa kabar? Semoga baik ya,Nah kawan kali ini saya akan posting tentang kisah pejuang Indonesia,nah dibaca ya!

 Sultan Ageng Tirtayasa merupakan pahlawan Indonesia yang menentang kebijakan Belanda (VOC). Ia berasal dari kerajaan Banten dan merupakan raja paling terkenal dari kerajaan Banten yang lahir di Banten pada tahun 1631 dan wafat di Jakarta pada tahun 1692.Ia diangkat menjadi sultan pada umur 20 tahun. Sultan Ageng Tirtayasa memerintahkan rakyatnya agar tidak bekerja sama dan memerangi Belanda dengan siasat perang gerilya.

 Berkat itu,Sultan Ageng Tirtayasa berhasil membongkar blockade laut Belanda.Belanda pun rugi karena Banyak kebun teh dan kapal milik Belanda (VOC)  dirusak pejuang Banten yang dipimpin Sultan Ageng Tirtayasa.

 Belanda kewalahan dan melakukan kelicikan dengan mengadu domba Sultan Ageng Tirtayasa dengan anaknya,Sultan Haji.Sultan Haji mengira ayahnya akan memberikan kekuasaan pada adiknya,Pangeran Purbaya. Akhirnya,Sultan Haji bekerja sama dengan Belanda untuk mengalahkan Sultan Ageng Tirtayasa.

 Setelah Sultan Ageng Tirtayasa dikalahkan,ia ditangkap dan dibuang ke Jakarta (pada saat itu jakarta masih bernama batavia) pada tahun 1683 dan wafat dipenjara pada tahun 1692. Ia dimakamkan di dekat masjid Agung,Kesultanan Banten.

 Nah,kawan cerita ini mengandung banyak pesan,yang bisa kita dapatkan setelah membaca yang tentunya bermanfaat dan terima kasih sudah membaca. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar