Teuku Umar Pahlawan Bangsa

 Halo kawan,apa kabar? Kali ini saya akan posting tentang tokoh pahlawan bangsa yaitu Teuku Umar. Simak kisahnya ya!

 Teuku Umar merupakan pahlawan nasional yang berasal dari Aceh,ia lahir pada tahun 1854, ia terkenal dengan kehebatan taktik perangnya, yaitu taktik peang gerilya yang membuat Belanda kewalahan dan bahkan menipu Teuku Umar untuk mengalahkannya dengan mengajak damai.

 Teuku Umar menerima tawaran ini tetapi sebenarnya ia hanya berpura-pura untuk mendapatkan senjata serta uang Belanda (Wah.. hebat ya! ). Ia diangkat menjadi panglima perang dan diberi senjata lengkap bersama pasukannya untuk memerangi pejuang, tetapi ia hanya berpura-pura.

 Belanda tidak menyaadarinya,dan mempersenjati Teuku Umar dan pasukannya dngan lebih lengkap.Akhirnya, Teuku Umar dan pasukannya pun merencanakan aksinya, mereka balik menyerang Belanda dan berhasil mengambil senjata militer dalam jumlah besar dan uang sejumlah $ 18.000.

 Dalam pertempuran itu,banyak tentara Belanda tewas. Akhirnya Belanda pun mengerahkan pasukan dalam jumlah besar untuk mengalahkan Teuku Umar. Hingga Akhirnya pada pertempuran di Meulaboh tanggal 11 maret 1899, Teuku Umar gugur. Beliau dimakamkan di desa Mugo,di pedalaman Meulaboh.Teuku Umar memang telah gugur,tetapi akan lahir Teuku Umar baru dengan cara kita harus meniru semangat perjuangannya. Merdeka!!!

 Nah kawan,trims sudah membaca dan jangan lupa tinggalkan komentar ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar