Letusan Dahsyat Tambora

 Halo kawan,apa kabar? Kali ini saya akan posting tentang dahsyatnya letusan gunung Tambora,berikut kisahnya.Silahkan dinikmati.

 Gunung Tambora merupakan gunung berapi aktif yang terletak di pulau Sumbawa,Indonesia,yang memiliki (pada saat ini) 2.850 m. Gunung Tambora juga menyediakan panorama alam spektakuler dengan sejarah letusannya yang mendunia.

 Letusan gunung Tambora yang sangat besar dan mendunia itu terjadi pada bulan April 1815.Dan letusannya terdengar sampai pulau Sumatera dan abu vulkaniknya jatuh di Kalimantan,Sulawesi,Jawa,dan Maluku.

 Dan yang lebih hebatnya lagi,satu tahun berikutnya setelah letusan 1815 cuaca di Amerika Utara dan Eropa sering disebut tahun tanpa musim panas,karena sinar matahari tertutup debu dari letusan gunung,akibatnya banyak panen gagal,dan ternak mati yang berakibat kelaparan terburuk abad 19.

 Letusan ini juga mengakibatkan gempa dan tsunami di berbagai wilayah di Indonesia dan sejak letusan gunung, diare menyerang warga  Bima,Dompu,dan Sang'ir, karena diduga airnya terkontaminasi abu,dan kuda juga mati,serta jumlah besar dalam masalah yang sama.

 Kekuatan letusan gunung Tambora bahkan melebihi letusan gunung Krakatau, yaitu 4x lipat lebih besar daripada letusan Krakatau. Dan sebelum meletus, gunung Tambora memiliki ketinggian 4.300 meter, tetapi setelah meletus, tingginya menjadi 2.850 m.

 Diperkirakan jumlah korban dalam letusan gunung Tambora adalah lebih dari 71.000 orang.

 Nah kawan,sekian posting saya,semoga menambah ilmu yang bermanfaat.Jika ada pertanyaan dan lainnya silahkan berkomentar :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar